Techno

Kebijakan Baru WhatsApp, Apakah Aman untuk Pengguna? Ini Fitur yang Hilang Apabila Kita Menolaknya

Berikut adalah ulasan mengenai kebijakan privasi baru WhatsApp yang berlaku mulai hari ini, Sabtu 15 Mei 2021. Diketahui, WhatsApp melakukan perubahan pada Terms of Service atau Persyaratan Layanan mulai hari ini, Sabtu (15/5/2021). Artikel ini berisi tentang apa saja yang akan terjadi apabila kita menerima dan menolak kebijakan baru WhatsApp.

Di akhir berita, Anda dapat melihat apakah kebijakan baru ini aman atau tidak bagi pengguna. Sebagian masyarakat menganggap bahwa ketentuan baru ini akan membuat data mereka diambil oleh Facebook. Sementara, cara kerja ketentuan baru ini tidak seperti itu.

Pengguna tetap dapat menggunakan WhatsApp untuk mengobrol dengan keluarga dan teman dengan aman dan normal seperti biasa. Karena perubahan yang sebenarnya adalah tentang cara kerja obrolan dengan akun bisnis. Dikutip dari wabetainfo.com , ada dua jenis akun bisnis, yaitu akun bisnis normal dan akun bisnis khusus yang menggunakan penyedia cloud .

Akun bisnis biasa ibarat mengobrol dengan teman atau anggota keluarga. Saat pengguna memakai akun bisnis yang menggunakan penyedia cloud , mungkin saja detail obrolan dengan mereka digunakan untuk menghasilkan iklan bertarget di Facebook. Namun hal ini tergantung dari kebijakan privasi bisnis.

Pengguna dapat meminta kebijakan privasi mereka hanya dengan mengirim pesan sebelum memulai percakapan yang sebenarnya. Apabila Anda menggunakan Facebook Shops, data seperti "apa saja yang Anda lihat di Facebook Shops" akan dibagikan dengan Facebook. Sementara, katalog WhatsApp adalah sesuatu yang dikembangkan berbeda dari WhatsApp, sehingga tidak mengirim data ke Facebook.

Apabila kita tidak menerima kebijakan baru ini, maka penggunaan fitur WhatsApp akan dibatasi, seperti: 1. Pengguna masih bisa menjawab panggilan suara dan video yang masuk, dan membalas pesan dari notifikasi (Pengguna hanya dapat mengirim pesan teks) dalam beberapa minggu pertama, tetapi pengguna tidak dapat membuka daftar obrolan karena ada pengingat tentang Terms of Service. 2. Pengguna tidak akan dapat mengirim pembaruan status baru dalam aplikasi.

3. Tidak dapat meneruskan pesan dari obrolan ke obrolan lain. 4. Pengguna tidak dapat mengelola dan menggunakan daftar siaran dan membuat grup baru, tetapi masih dapat ditambahkan dalam grup dari orang lain, jika pengaturan privasi Anda memungkinkan mereka untuk menambahkan Anda, jika tidak, Anda tidak dapat menerima undangan baru ke grup. 5. Layanan pesan sangat terbatas: Anda tidak dapat mengutip pesan atau menyebut peserta dalam grup Anda, dan Anda tidak dapat mengirim pesan suara, stiker, dan jenis media lain di dalam aplikasi.

6. Anda tidak akan dapat mencadangkan riwayat obrolan Anda, jika Anda telah menonaktifkan pencadangan otomatis. 7. Anda tidak dapat menggunakan layanan Click To Chat. 8. Anda tidak dapat mengekspor riwayat obrolan Anda.

9. Jika Anda memiliki iOS, Anda tidak dapat melihat media bersama lagi, jika Anda belum mengekspornya sebelumnya. Di WhatsApp untuk Android, Anda masih dapat melihat media Anda menggunakan Manajer File yang mengunjungi jalur baru. Setelah beberapa minggu, pengguna tidak akan dapat menerima pesan dan panggilan, karena layanan perpesanan benar benar dinonaktifkan.

Anda masih dapat mempertimbangkan untuk menerima Ketentuan Layanan untuk menggunakan WhatsApp lagi. Apabila Anda masih ingin menikmati fitur fitur tersebut, satu satunya cara untuk mempertahankannya adalah dengan menerima kebijakan baru ini. Sementara itu riwayat obrolan Anda tidak akan dihapus, tetapi WhatsApp mungkin menghapus akun Anda setelah jangka waktu tertentu (4 bulan) karena tidak aktif, dalam hal ini menghapus semua obrolan, pesan, dan cadangan.

Jika Anda tidak mengobrol dengan akun bisnis yang menggunakan penyedia cloud dan Anda tidak menggunakan Facebook Shop, tidak ada yang berubah. Anda dapat menerima Persyaratan Layanan dan mulai menggunakan semua layanan perpesanan dengan aman tanpa batasan apa pun. WhatsApp dienkripsi secara end to end, sehingga obrolan dan panggilan Anda aman, dan WhatsApp tidak menyimpan catatan siapa saja yang mengirim pesan atau menelepon.

WhatsApp jelas melihat nomor telepon dari daftar kontak Anda (karena Anda memberikan izin dari pengaturan perangkat Anda, dan Anda dapat mencabutnya kapan saja), tetapi mereka tidak pernah dibagikan dengan Facebook. Jika Anda khawatir, hindari saja kedua layanan yang disebutkan di atas dan tidak ada yang berubah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.